4 Tips Menyiasati Tanggal Tua

4 Tips Menyiasati Tanggal Tua

4 Tips Menyiasati Tanggal Tua
4 Tips Menyiasati Tanggal Tua

Apakah kalian termasuk orang yang tidak mempunyai uang tiap memasuki tanggal tua? Sudah berhemat-hemat tetapi tiap pertengahan bulan, uang kalian selalu tinggal sedikit? Apalagi bagi kalian yang gajiannya setiap tanggal 30 atau 31. Biasanya, saat tanggal tua sudah tidak bisa lagi berfoya-foya atau makan enak. Membawa bekal dari rumah pun menjadi pilihannya.

Iya juga ya, gue kayak gitu juga tuh. Kayaknya bener deh kalau gajian itu cuma kaya sehari. (kok penulisnya jadi curhat baper di sini???)

Jika kalian selalu kebingungan di tanggal tua, jangan-jangan memang ada yang salah dengan pengelolaan keuangan kalian. Apabila kalian ingin menghindari yang namanya tanggal tua (memangnya bisa?), coba ikutin tips di bawah ini untuk menyiasati tanggal tua .

1. Buat Anggaran Bulanan

Untuk menyiasati tanggal tua , hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat anggaran bulanan (udah kayak pemerintah aja buat anggaran, mau korupsi yee?). Ketahui hal-hal apa saja yang akan kalian perlukan untuk bulan ini. Misalnya, 20% untuk biaya makan dan transportasi, 10% untuk pergi ke mall, 20% untuk membayar tagihan, dan lain sebagainya. Jika kalian sudah mengenal porsi pengeluaran kalian, maka membuat budget bulanan bukanlah hal yang sulit. Buatlah secara realistis dan kontrol budgetmu dengan disiplin.

2. Disiplin Menabung

Jangan pernah lupa untuk menabung. Pastikan kalian memiliki anggaran khusus yang akan kalian alokasikan untuk tabunganmu. Pisahkan dana ini dari keperluan lain agar kita tidak tergoda untuk menggunakannya. Tabungan sangat penting untuk persiapan ketika ada kejadian tidak terduga yang menimpa kita. Selain itu, dengan disiplin menabung, kalian akan lebih menghargai uang sehingga saat tanggal tua datang, kalian masih mempunyai dana simpanan. Dengan begitu, kalian dapat menyiasati tanggal tua kalian dengan baik untuk seterusnya.

3. Jangan Berfoya-foya di Awal Bulan

Buat kalian yang dana operasionalnya bulanan, pasti pernah berpikir bahwa berfoya-foya terlebih dahulu tidak apa-apa, hematnya di tanggal tua saja. Tetapi biasanya, di akhir bulan rencana kalian akan gagal total. Ada saja hal-hal yang membuatmu tetap berfoya-foya, misalnya mengiyakan ajakan teman kalian untuk pergi belanja, nonton, nongkrong, dan lainnya. Akibatnya, kalian akan sering meminjam uang. Tentu saja, pepatah Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, merupakan suatu panduan yang tepat dalam hal ini. Lebih baik kalian berhemat di awal bulan, lalu bersenang-senang di akhir bulan.

4. Post-purchase Rationalisation

Seringkali, orang yang telah membeli barang, tetapi ternyata barangnya tidak sesuai keinginan, hanya berakhir dengan pembenaran saja. Misalnya, kalian membeli baju, tetapi ternyata tidak nyaman atau matching dengan celana manapun; maka kalian akan berkata “Yaudahlah. Siapa tahu nanti kepake.”

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Stop doing that! Tidak mengakui kesalahan, itu tidak akan membuatmu lebih baik. Kalau setelah menghabiskan uang kalian merasa rugi, maka periksalah di mana letak kesalahanmu. Kenapa kamu bisa terjebak? Apakah karena itu barang diskonan? Atau karena dikompori teman? Setelah tahu apa yang membuatmu terjebak, tanamkan di benakmu bahwa kalian tidak akan lagi melakukan kesalahan yang sama.

Yuk, lakukan hal-hal di atas agar kalian bisa menyiasati tanggal tua kalian. Selamat mencoba!

4 Tips Menyiasati Tanggal Tua

Comments

comments