4 Cara Untuk Tidur Yang Lebih Berkualitas

4 Cara Untuk Tidur Yang Lebih Berkualitas

Jadwal kerja, kuliah atau sekolah yang padat dapat membuat kita menjadi stres. Kita berpikir badan kita terasa sangat lelah setelah melewati hari yang berat, maka malamnya kita dapat tidur yang nyenyak, namun tidak benar sepenuhnya. Faktanya, alasan kamu sangat lelah selama melakukan kegiatan sehari-hari adalah karena kondisi tidur di malam hari yang kurang berkualitas.

Ada banyak sekali faktor yang dapat berkontribusi menyebabkan tidur yang kurang berkualitas. Meskipun setiap malam kita tidur lebih awal, namun setiap harinya tetap merasa lelah. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk tidur yang lebih berkualitas dan merasa lebih segar di pagi hari. Berikut ini adalah 4 cara untuk tidur yang lebih berkualitas.

1. Membuat ritual sebelum tidur

Kamu bisa membuat kegiatan sebelum tidur yang dapat memberi sinyal kepada tubuh bahwa sudah masuk waktunya untuk tidur. Kamu bisa melakukan kegiatan yang dapat merelaksasi seperti mandi, minum secangkir teh herbal, mendengarkan musik, meditasi, memasang lilin aroma terapi, atau bagi yang muslim bisa dengan sholat sunnah atau membaca Al-Quran.

2. Menjauh dari gadget

Setelah seharian kamu bersama dengan gadget, ini saatnya kamu menjauhkan diri dari gadget seperti smartphone atau tablet. Penelitian menunjukan bahwa menggunakan smartphone sebelum waktu tidur dapat menghambat kualitas tidur kamu. Jika kamu cenderung melihat smartphone di tempat tidur sebelum mencoba untuk tertidur, cobalah menempatkannya di tempat yang tidak terjangkau tangan sebelum kamu naik ke tempat tidur.

3. Olahraga secara teratur

Manfaat berolahraga memang sangat banyak, tetapi banyak dari kita yang biasanya menganggap bahwa berolahraga hanya untuk mengurangi berat badan. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk memberikan manfaat pada tidur yang lebih berkualitas.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Cobalah untuk melakukan olahraga selama minimal 30 menit saja setiap harinya. Hal ini akan membantu tubuh menghabiskan kelebihan energi sebelum tidur dan tentunya juga dapat memberikan banyak manfaat lainnya.

4. Jadwal tidur

Suka atau tidak, manusia merupakan makhluk dari kebiasaan, yang berarti bahwa kita dapat bekerja dengan baik dengan jadwal. Menurut Sleep Foundation, jika kamu mengalami kesulitan tidur, kurangnya rutin bisa menjadi masalah. Cobalah untuk mengatur waktu tidur untuk setiap malamnya, dan kamu harus berusaha untuk memenuhi jadwal tersebut.

 

Comments

comments