20 Manfaat Hidrogen Peroksida atau H2O2

20 Manfaat Hidrogen Peroksida atau H2O2

Mungkin banyak dari kita yang mungkin belum mengenal hidrogen peroksida. Dimana kali ini kita akan membahas manfaat hidrogen peroksida.

Apa itu Hidrogen Peroksida?

Menurut wikipedia, Hidrogen peroksida (H2O2) adalah cairan bening , agak lebih kental daripada air, yang merupakan oksidator kuat.

Senyawa ini ditemukan oleh Louis Jacques Thenard pada tahun 1818. Sebagai bahan kimia anorganik dalam bidang industri, teknologi yang digunakan untuk Hidrogen Peroksida adalah auto oksidasi Anthraquinone. Dengan ciri khasnya yang berbau khas keasaman dan mudah larut dalam air, dalam kondisi normal (ambient) kondisinya sangat stabil dengan laju dekomposisi kira-kira kurang dari 1% per tahun. Salah satu keunggulan Hidrogen Peroksida dibandingkan dengan oksidator yang lain adalah sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Kekuatan oksidatornya pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Karena Hidrogen Peroksida adalah oksidator yang kuat, bahan ini dimanfaatkan manusia sebagai bahan pemutih (bleach), disinfektan, oksidator, dan sebagai bahan bakar roket.

Namun hidrogen peroksida juga dijual bebas, dengan berbagai merek dagang dalam konsentrasi yang rendah (3% – 5%), yang bisa digunakan sebagai pembersih luka, pemutih gigi atau pembersih telinga dan yang lainnya.

Berikut ini adalah 20 manfaat hidrogen peroksida (kamu bisa membelinya di apotik, cari yang konsentrasinya 3%):

  1. Membersihkan telinga – teteskan 3 tetes H2O2 pada masing-masing telinga, kemudian buang. Akan membersihkan kotoran telinga dan juga virus-virus yang ada di dalam.
  2. Membersihkan pestisida – Campurkan 1/4 gelas hidrogen peroksida dan 3 gelas air, celupkan sayuran atau buah selama 30 menit.
  3. Membunuh bakteri jahat di udara – Campurkan 500ml H2O2 ke dalam satu galon air dan masukan kedalam humidfier atau aircooler untuk membersihkan udara.
  4. Membersihkan sikat gigi – Untuk membersihkan sikat gigi, tinggal mencemplungkan sikat gigi ke dalam H2O2.
  5. Membersihkan jamur kaki – Campurkan hidrogen peroksida dan air dengan rasio 1:1 dalam botol, teteskan pada jamur secara langsung.
  6. Menghilangkan noda organik – Noda organik seperti gula, darah, wine ataupun noda makanan dapat dihilangkan dengan hidrogen peroksida. Campurkan hidrogen peroksida dengan sedikit detergen.
  7. Melindungi telinga dari infeksi swimmers ear.
  8. Mengobati kapalan dan katimumul – Campurkan air dan hidrogen peroksida, dan rendam kaki hingga jadi lembut.
  9. Menghilangkan bisul – Campurkan air dan hidrogen peroksida, dan teteskan pada bisul.
  10. Pembersih kulit – Merupakan anti-bakteri, hidrogen peroksida juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit.
  11. Obat kumur – Hidrogen peroksida dapat untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut, serta juga dapat memutihkan gigi.
  12. Pembersih luka dan infeksi – Luka kecil dapat menjadi infeksi jika terkena bakteri, gunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan luka.
  13. Menghilangkan sakit gigi – Berkumur dengan campuran minyak kelapa dan hidrogen peroksida dapat mengurangi sakit gigi secara cepat.
  14. Pembersih sinus – Cukup aman untuk dimasukan kedalam hidung dan membersihkan sinus.
  15. Detoksifikasi tubuh – Campurkan satu gelas hidrogen peroksida ke dalam bathtub, berendam selama 30 menit, dan mandi seperti biasa.
  16. Pembersih rumah – Hidrogen peroksida juga dapat digunakan untuk mencampur air pelan, air pembersih kaca, dan lainnya untuk membersihkan rumah dari bakteri.
  17. Pembersi lensa kontak – Cemplungkan kontak lensa ke dalam H2O2 selama semalaman.
  18. Membersihkan tas belanja – Jika kamu pernah menggunakan tas belanja untuk membawa daging, ayam, maka kamu bisa membersihkannya dengan hidrogen peroksida.
  19. Pembersih kaca – Bisa juga digunakan untuk membersihkan kaca.
  20. Pembersih kotak makan – Hidrogen peroksida bisa untuk membersihkan kotak makan.

Itulah 20 manfaat hidrogen peroksida yang bisa kamu terapkan dirumah, dan ingat untuk menggunakan hidrogen peroksida dengan konsentrasi 3% – 5%.

 

Comments

comments