14 Cara Menghemat Baterai iPhone

14 Cara Menghemat Baterai iPhone

Baterai merupakan salah satu komponen yang diinginkan oleh pengguna iPhone agar dapat memberikan waktu penggunaan yang lebih lama. Apple telah menaikan kapasitas baterai iPhone 7 terbaru menjadi 1960mAh, naik dari 1760mAh milik iPhone 6s. Dan baterai iPhone 7 Plus menjadi 2900mAh naik dari 2750mAh milik iPhone 6s Plus.

Kedua seri iPhone 7 terbaru menggunakan chipset A10 Fusion mampu menghadirkan kinerja yang lebih bertenaga dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dan diklaim sebagai chipset yang paling hemat baterai yang pernah dimiliki iPhone. Dengan kombinasi baterai yang lebih besar dan chipset terbaru ini, generasi iPhone 7 terbaru mampu memberikan waktu tambahan hingga 2 jam waktu penggunaan.

Sayangnya hal itu hanya pada generasi iPhone 7 terbaru, lalu bagaimana dengan pengguna iPhone generasi sebelumnya? Ada banyak cara menghemat baterai iPhone yang bisa dilakukan, dan berikutnya ini adalah diantaranya.

1. Cara menghemat baterai iPhone yang pertama adalah melihat penggunaan baterai di iPhone kamu, masuk ke menu Settings-> General-> Battery-> Last 7 Days-> Clock Icon. Cari aplikasi yang paling menghabiskan banyak baterai, dan hapus aplikasi yang tidak digunakan.

2. Hapus aplikasi Facebook. Aplikasi Facebook merupakan salah satu aplikasi yang paling boros baterai, hapus aplikasi ini. Jika ingin menggunakan Facebook buka melalui web browser seperti Safari atau Chrome. Selain menghemat baterai juga dapat menghemat kuota paket data kamu.

3. Gunakan Ad Blocker. Pasang ad blocker seperti 1Blocker dapat menghemat baterai dan memperpanjang penggunaan hingga dua kali lipat jika kamu lebih sering browsing menggunakan smartphone. Ad blocker akan memblok popup yang kadang-kadang muncul, popup ini biasanya berisi gambar dan video yang membutuhkan sumber daya yang besar untuk menampilkannya. Dengan menggunakannya selain menghemat baterai iPhone, juga tentunya akan menghemat kuota paket data kamu.

4. Jangan hentingkan aplikasi secara paksa. Memaksa untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan untuk menghemat baterai adalah salah besar. Hal ini sudah dikonfirmasi langsung oleh Craig Federighi, Apple iOS Chief.

5. Gunakan Low Power Mode, caranya masuk ke menu Settings-> Battery dan aktifkan mode tersebut. Cara ini dapat memperpanjang penggunaan, tetapi akan mematikan email fetch, background app refresh, beberapa visual efek dan download otomatis. Berguna ketika baterai dibawah 20% atau ketika digunakan untuk menonton film.

6. Kurangi tingkat kecerahan layar, semakin cerah maka makin banyak menggunakan baterai. Untuk menghemat baterai bisa menurunkan tingkat kecerahannya. Masuk ke menu Settings-> Display & Brightness.

7. Matikan Background App Refresh. Beberapa aplikasi akan selalu aktif dan menghabis banyak baterai meski kamu tidak menggunakannya. Kamu bisa mengaktifkan Background App Refresh, caranya masuk ke Settings-> General-> Background App Refresh.

8. Matikan GPS. GPS merupakan salah satu fitur yang sangat boros baterai, sebaiknya kamu mematikannya dan baru menyalakannya jika membuka aplikasi yang membutuhkan layanan lokasi seperti Maps, Go-Jek dan sebagainya. Cara ini bisa dilakukan untuk menghemat baterai iPhone. Masuk ke Settings-> Privacy-> Location Service.

9. Ubah dari Push Email ke Fetch Email. Push Email berarti aplikasi email akan secara terus menerus mengecek akun email untuk mengetahui apakah ada email baru. Ganti menjadi Fetch Email agar aplikasi hanya akan mengecek akun email secara berkala (15, 30, 60 menit atau manual) untuk mengurangi konsumsi baterai. Caranya masuk ke Settings-> Mail, Contact, Calender-> Fetch New Data.

10. Matikan Mobile Data jika sinyal kurang baik. Menggunakan mobile data ketika kondisi sinyal yang sangat jelek akan menghabiskan baterai iPhone kamu, jadi matikan saja. Namun tentunya kamu tidak bisa online, atau bisa memilih menggunakan Wi-Fi jika tersedia.

11. Matikan Push Notifications yang tidak perlu. Push Notification secara otomatis akan memberitahukan kepada pengguna jika ada pesan baru, dengan menyalakan layar dan menampilkan isi pesan. Matikan Push Notification yang kamu anggap tidak penting dapat menghemat baterai. Masuk ke Settings-> Notifications-> Pilih aplikasi yang diinginkan, kemudian disable “Allow Notifications.”

Jangan lupa klik banner di bawah ini

12. Matikan iCloud Keychain. Jika kamu tidak menggunakan iCloud, maka kamu harus mematikannya. Masuk ke Settings-> iCloud-> Keychain.

13. Matikan Indexing pada Spotlight Search. Spotlight Search dapat membantu kamu menemukan secara cepat konten yang ada di iPhone kamu, tetapi dengan mengaktifkan fitur ini dapat menghabis baterai karena secara terus menerus melakukan indexing. Matikan fitur ini dengan masuk ke Settings-> General-> Spotlight Search.

14. Hindari iPhone berada pada temparatur yang ekstrim. Jangan menaruh lama menaruh iPhone di tempat yang terkena langsung sinar matahari, seperti meninggalkannya di dashboard mobil.

 

Buat-Website-150x100

Comments

comments