10 Perintah Facebook Untuk Tahu Berita Hoax

10 Perintah Facebook Untuk Tahu Berita Hoax

Facebook telah mengambil beberapa langkah untuk mengenali dan menandai berita hoax, dan sekarang mereka akan mengedukasi pengguna tentang bagaimana untuk menghindarinya.

Facebook baru saja menambahkan peringatan pada News Feed yang diberi judul “Tips Untuk Mengetahui Berita Bohong,” dimana peringatan ini akan muncul beberapa kali di News Feed pengguna dalam beberapa hari kedepan. Jika kamu mengkliknya, kamu bisa membaca 10 perintah Facebook untuk para penggunannya agar dapat mengenali berita hoax.

1. Jadilah Skeptis Pada Setiap Berita. Berita palsu sering memiliki judul yang dibuat agar menarik pembaca seperti judul ditulis huruf besar dan diakhirnya ditambahkan tanda seri. Jika berita mengklaim sesuatu yang terdengar sulit dipercaya, bisa jadi berita itu adalah berita hoax.

2. Perhatikan URL-nya Baik-Baik. URL palsu atau mirip dengan URL website berita besar sudah menjadi salah satu tanda peringatan bahwa berita yang disajikan adalah bohong. Banyak website berita hoax meniru sumber berita asli dengan membuat perubahan kecil pada URL.

3. Selidiki Sumber Berita. Pastikan cerita yang ditulis oleh sumber yang dapat kamu percaya karena reputasi untuk kebenaran beritanya. Jika cerita berasal dari sumber yang asing, periksa pada bagian “About” atau “Tentang” di website resminya.

4. Perhatikan Format Yang Tidak Biasa. Banyak website berita hoax yang memiliki salah ejaan atau layout yang aneh. Perhatikan baik-baik berita yang kamu baca untuk melihat tanda ini.

5. Perhatikan Foto. Biasanya berita bohong juga menggunakan gambar atau video palsu hasil manipulasi. Terkadang foto mungkin asli, tetapi diambil di luar konteks. Kamu bisa mencari foto tersebut untuk memverifikasi darimana asalnya.

6. Periksa Tanggal. Berita palsu mengkin dibuat dengan tanggal yang tidak masuk akan, atau peristiwa yang telah diubah.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

7. Periksa Bukti. Periksa sumber dari penulis untuk mengkonfirmasi bahwa berita memang akurat. Kurangnya bukti atau kepercayaan dari ahli yang tidak disebutkan namanya mungkin menunjukan berita palsu.

8. Lihat Laporan Lain. Jika tidak ada sumber berita lain yang melaporkan cerita yang sama, hal ini mungkin menunjukan bahwa cerita tersebut adalah rekayasa. Jika cerita ini dilaporkan oleh beberapa sumber terpercaya, itu lebih mungkin untuk menjadi kenyataan.

9. Apakah Berita Itu Lelucon? Terkadang berita hoax dapat sulit untuk dibedakan antara humor atau sindirian. Periksa sumber apakah memang dikenal sebagai parodi, dan apakah detil cerita dan intonasi hanya untuk lelucon.

10. Beberapa Cerita Memang Sengaja Dibuat Palsu. Berpikir kritis tentang cerita yang kamu baca, dan hanya berbagai berita yang kamu tahu dapat dipercaya.

 

Comments

comments